Selain penyebab langsung kecelakaan, juga terdapat penyebab dasar kecelakaan yang harus diketahui yaitu terdiri dari Faktor Manusia dan Faktor Pekerjaan.
1. Faktor Manusia ( Human Factor )
Terdapat beberapa kategori yang dapat digolongkan kedalam
faktor manusia, yaitu :
-
Ketidak mampuan fisik, yaitu berkaitan dengan keampuan fisik
yang dimiliki oleh tenaga kerja untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu.
-
Kondisi mental dan Stres mental, yaitu berkaitan dengan keadaan mental
misalnya orang yang sedang terbelit masalah, frustasi. Jika anda sedang terbelit masalah hendaknya tidak
memaksakan diri untuk bekerja karena akan menganggu konsentrasi anda dalam
bekerja yang bisa menjadi penyebab kecelakaan.
-
Perilaku, yaitu hal yang berkaitan dengan
perilaku seorang tenaga kerja maka ketika anda melihat rekan kerja yang
menunjukkan perilaku yang tidak aman segera lakukan tindakan sesuai kemampuan
anda agar tidak menimbulkan permasalahan.
-
Tingkat ketrampilan, yaitu ketrampilan yang harus dimiliki
oleh tenaga kerja untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu, anda tidak
diperbolehkan melakukan pekerjaan tertentu sebelum anda mendapatkan pelatihan
yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut atau anda belum memiliki SIMPER yang
sesuai bagi seorang operator.
2.
Faktor
Pekerjaan ( Job Factor )
Terdapat beberapa kategori yang dapat digolongkan kedalam
faktor pekerjaan, yaitu :
-
Tidak ada program
pelatihan untuk menentukan kompetensi.
-
Kepemimpinan dan pengawasan
/Supervisi yang kurang memadai.
-
Rencana kerja termasuk didalamnya adalah
pemeliharaan dan perbaikan serta
kerusakan yang berlebih. Segera melaporkan kepada atasan jika
anda menemukan alat dan peralatan anda mengalami kerusakan hal ini dapat anda
ketahui sedini mungkin jika anda melakukan pemeriksaan menggunakan atau
mengoperasikan suatu peralatan.
-
Peraturan /
Standar / Prosedur Kerja, yaitu peraturan atau standar atau prosedur kerja yang harus
diikuti untuk melaksanakan suatu pekerjaan, Sebelum anda melaksanakan suatu
pekerjaan anda harus mengetahui prosedur dan standar kerja dari tugas anda
untuk menghindari kesalahan dalam melaksanakan pekerjaan yang mengakibatkan
terjadinya kecelakaan.
-
Komunikasi, yaitu komunikasi
horisontal antar sesama rekan kerja dan komunikasi vertikal antara pengawas dan
karyawan hal ini untuk menghindari adanya kecelakaan karena kesalahan informasi
atau kurangnya informasi.
by:kangherman
Comments
Post a Comment